ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA FOTO DALAM BALIHO KAMPANYE GIRING UNTUK PRESIDEN 2024

HIDAYATULLAH, BAGUS (2021) ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA FOTO DALAM BALIHO KAMPANYE GIRING UNTUK PRESIDEN 2024. Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Surabaya.

[img] Text
ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA FOTO DALAM BALIHO KAMPANYE GIRING UNTUK PRESIDEN 2024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Pemilu 2019 memiliki keunikan tersendiri, diantaranya adalah munculnya tokoh – tokoh muda yang terjun secara langsung dalam politik. Salah satunya Giring Ganesa, dengan beraninya di jauh – jauh hari sebelum pemilihan Presiden Indonesia Giring mengkampanyekan untuk menjadi calon Presiden Indonesia 2024 nanti. Melalui media cetak Baliho salah satunya yang dipasang hampir diseluruh kota yang ada di Indonesia. Baliho adalah salah satu media luar ruang yang banyak digunakan oleh para calon – calon Presiden ataupun calon legislatif. Umumnya, dalam program kampanye itu dilaksanakan berdasarkan tematik maupun tujuan. Dengan mengkampanyekan di jauh – jauh hari para calon – calon bisa menarik simpati dan memperoleh suara dari masyarakat nantinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna Semiotika Foto Dalam Baliho Kampanye Giring Untuk Prsiden 2024. Dimana memfokuskan pada bagaimana semiotika foto dalam gambar baliho tersebut yang menggunakan deskriptif kualitatif dan menggunakan konsep Roland Barthes. Semiotika biasanya didefinisikan sebagai pengkajian Tanda, Penanda (Signifier), dan Petanda (Signified). Roland Barthes mengungkapkan bahwa sebuah sistem tanda yang mencerminkan asumsi dari masyarakat tertentu dalam waktu tertentu. Dalam kajian semiotika terdapat tiga konsep dalam melihat sebuah pemaknaan gambar yakni Denotasi, Konotasi dan Mitos. Hasil penelitihan ini menemukan makna semiotika pada Foto Baliho Kampanye Giring Untuk Presiden 2024 adanya berbagai tanda, text gambar, simbol dan warna terdapat dalam baliho yang mempunyai makna tersendiri. Pada dasarnya ingin mendapat dukungan dan suara kepada semua masyarakat terutama anak muda atau generasi milenial saat ini yang bisa dikatakan sebagai hak pilih terbesar pada saat pemilu 2024 guna memajukan Indonesia yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wisuda 2021
Uncontrolled Keywords: Semiotika foto, media promosi luar ruangan, baliho, kampanye
Subjects: J Political Science > J Communication
J Political Science > J Communication
Divisions: Faculty of Social and Politics > Bachelor of Communicatios Studies
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:03
Last Modified: 16 Mar 2022 04:03
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/1064

Actions (login required)

View Item View Item