ANALISIS ISI KONTEN VIDEO EDUKASI TENTANG 3M (MEMAKAI MASKER, MENJAGA JARAK, DAN MENCUCI TANGAN) PADA AKUN TIKTOK @ALODOKTER.ID

VIRGINIA, ADINDA HEXA (2021) ANALISIS ISI KONTEN VIDEO EDUKASI TENTANG 3M (MEMAKAI MASKER, MENJAGA JARAK, DAN MENCUCI TANGAN) PADA AKUN TIKTOK @ALODOKTER.ID. Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Surabaya.

[img] Text
JURNAL ADINDA HEXA.docx

Download (164kB)

Abstract

Saat ini dunia masih digegerkan dengan pandemi COVID-19. Bermula pada bulan Desember 2019, Indonesia menjadi salah satu negara yang terpapar virus mematikan tersebut. Berdasarkan kebijakan pemerintah, untuk memutus rantai penyebaran virus COVID-19 mayarakat diaharuskan mematuhi protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji makna isi pesan edukasi yang terkandung dalam konten video pada akun TikTok @alodokter.id. Menggunakan metode analisis isi deskriptif kualitatif, peneliti membagi objek penelitian yang terdiri dari 5 video yang mengandung isi pesan edukasi tentang 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan). Dalam pengumpulan data dan kemudian dilanjutkan dengan analisa data yang dilakukan dengan proses analisis isi yang tampak (manifest) dan tidak tampak tampak (latent). Hasil dari penelitian ini adalah pesan edukasi dalam lima konten video edukasi pada akun TikTok @alodokter.id. Terdapat pesan edukasi pada setiap video yang diteliti. Pertama, masyarakat dihimbau menggunakan masker jika berada di luar rumah dengan baik dan benar. Kedua menjaga jarak minimal satu meter. Ketiga mencuci tangan dengan air dan sabun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wisuda 2021
Uncontrolled Keywords: Tik Tok, Alodokter.id, COVID-19, 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan)
Subjects: J Political Science > J Communication
J Political Science > J Communication
Divisions: Faculty of Social and Politics > Bachelor of Communicatios Studies
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:11
Last Modified: 24 Mar 2022 03:11
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/1082

Actions (login required)

View Item View Item