KAMPANYE DIGITAL PADA INSTAGRAM @PERHUMAS_INDONESIA MELALUI #INDONESIABICARABAIK DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT 5.0

ARIANITA, VANESSA BELLA JULIET (2021) KAMPANYE DIGITAL PADA INSTAGRAM @PERHUMAS_INDONESIA MELALUI #INDONESIABICARABAIK DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT 5.0. Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Surabaya.

[img] Text
VANESSA BELLA_1713211063_KAMPANYE DIGITAL PADA INSTAGRAM @PERHUMAS_INDONESIA MELALUI #INDONESIABI.doc

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan mengingat pesatnya kemajuan teknologi yang menyebabkan semakin meningkatnya pengguna sosial media instagram. Hal ini sejalan dengan meningkatnya jumlah produksi dan konsumsi informasi yang semakin tinggi dan tidak terkontrol. Berita bohong atau hoaks merupakan salah satu ancaman bagi pengguna media digital instagram yang membuat instagram kehilangan fungsi utamanya dan membuat lingkungan digital menjadi tidak kondusif. Sebagai pionir organisasi di bidang kehumasan di Indonesia, Perhumas Indonesia mencetuskan tagar #IndonesiaBicaraBaik sebagai bentuk kampanye digital dalam melawan tersebarnya pesan negatif seperti berita bohong atau hoaks. Kampanye ini juga bertujuan untuk mewujudkan masyarakat 5.0 yang memiliki kemampuan memecahkan masalah kompleks, berpikir kritis dan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kampanye yang dilakukan Perhumas Indonesia pada akun instagram @Perhumas_Indonesia melalui tagar #IndonesiaBicaraBaik untuk mewujudkan masyarakat 5.0. Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penulis mengumpulkan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi yang digunakan untuk menginterpretasikan data hasil penelitian. Hasil yang didapatkan yaitu Perhumas Indonesia memiliki strategi komunikasi tersendiri dalam mengampanyekan #IndonesiaBicaraBaik di instagram yaitu membuat kategori konten yaitu Humaspedia, Protips, dan Motion yang masing-masing kategori tersebut memiliki tujuan dan isi konten yang berbeda. Dalam pelaksanaannya, kampanye digital #IndonesiaBicaraBaik masih belum dilakukan evaluasi secara signifikan dan terukur guna mengetahui keefektifan kampanye digital ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wisuda 2021
Uncontrolled Keywords: Kampanye digital, #IndonesiaBicaraBaik, Masyarakat 5.0
Subjects: J Political Science > J Communication
J Political Science > J Communication
Divisions: Faculty of Social and Politics > Bachelor of Communicatios Studies
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 30 Mar 2022 05:36
Last Modified: 30 Mar 2022 05:36
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/1092

Actions (login required)

View Item View Item