STRATEGI KOMUNIKASI RADIO JOSS FM DALAM MEMBANGUN LOYALITAS PENDENGAR DI ERA PANDEMI

NUDDIN, MUHAMMAD IHSA (2021) STRATEGI KOMUNIKASI RADIO JOSS FM DALAM MEMBANGUN LOYALITAS PENDENGAR DI ERA PANDEMI. Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Surabaya.

[img] Text
M IHSA NUDDIN 1713211019 JURNAL FIXS-dikonversi.docx

Download (273kB)

Abstract

Abstrak : Perkembangan teknologi di dunia sudah semakin canggih. Adanya teknologi tersebut membuat peradaban Radio perlahan semakin ditinggalkan Oleh pendengarnya. Kabupaten nganjuk merupakan wilayah yang memiliki beberapa stasiun radio Fm (Frekuensi Modulation) yang bergerak sesuai dengan visi misinya masing – Masing. Namun pekembangan pada stasiun radio yang ada di nganjuk semakin melemah dikarenakan terpaan oleh zaman sekarang yang semakin canggih akan teknologi dan sumber daya manusia. Kurangnya persaingan antara radio dan minat pendengar Beberapa stasiun radio telah memilih untuk tutup beroperasi. Disamping itu dunia sedang dilanda pandemic Covid-19 Yang membuat manusia melakukan aktifitasnya dilakukan secara online. Hal ini membuat radio Joss Fm nganjuk Tidak Putus asa dalam membangun Loyalitas pendengarnya di tengah – tengah pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung. Fokus Penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi Radio Joss Fm dalam membangun Loyalitas pendengar di Era Pandemi. Penelitian ini menggunakan Deskriptif Kualitatif, dimana digunakan untuk menyelidiki, menemukan, memberi gambaran dan menjelaskan Keistimewaan dari pengaruh sosialyang tidak bisa dijelaskan melalui pendekatan kuantitatif. Dalam hal ini hasil penelitian adalah radio Joss Fm menggunakan Strategi komunikasi yang di ungkapkan oleh Arifin (1994) yaitu Teknik Redudancy, teknik Informatif, tekniki Persuasive, dan teknik Edukatif. Disamping penerapan teknik tersebut radio Joss FM juga membuat media baru berupa Sosial media, web Streaming dan Aplikasi radio Joss FM yang membantu penyebaran luas jangkauan siar dan eksistensi. Dari strategi yang telah dilakukan membuat diagram pendengar naik dari pertengahan tahun 2020 hingga sekarang. Hal ini menunjukan strategi yang digunakan telah berhasil dalam membangun loyalitas pendengar. Dan berdampak positif yang dirasakan oleh pendengar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wisuda 2021
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KOMUNIKASI RADIO JOSS FM DALAM MEMBANGUN LOYALITAS PENDENGAR DI ERA PANDEMI
Subjects: J Political Science > J Communication
J Political Science > J Communication
Divisions: Faculty of Social and Politics > Bachelor of Communicatios Studies
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:29
Last Modified: 18 Apr 2022 03:29
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/1126

Actions (login required)

View Item View Item