AKTIVITAS CYBER PUBLIC RELATIONS PT. MANDOM INDONESIA DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PRODUK GATSBY MELALUI AKUN INSTAGRAM @GATSBYCODE

PAMUNGKAS, DEDIK SETYAWAN (2021) AKTIVITAS CYBER PUBLIC RELATIONS PT. MANDOM INDONESIA DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PRODUK GATSBY MELALUI AKUN INSTAGRAM @GATSBYCODE. Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Surabaya.

[img] Text
SKRIPSI DEDIK REVISI SIDANG BARU FIIINNAAALLL.pdf

Download (940kB)

Abstract

ABSTRAK Di era digitalisasi dan penuh persaingan ini kebutuhan hubungan masyarakat atau public relations sangatlah penting untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara organisasi bisnis dengan produknya. Hubungan masyarakat didukung oleh perkembangan teknologi dengan kehadiran internet yang telah menciptakan perubahan besar dalam dunia informasi dan komunikasi. Dengan hadirnya internet, manusia dapat lebih mudah mengakses suatu informasi dan memperlancar komunikasi antar individu. Penelitian ini membahas mengenai aktivitas Cyber Public Relations PT. Mandom Indonesia di PT. Mandom Indonesia melalui pengelolaan akun Instagram khusunya dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Informan dalam penelitian ini adalah Supervisor dan Asisten Supervisor yang ada di PT. Mandom Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain observasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan, peneliti menyimpulkan bahwa aktivitas Cyber Public Relations diukur melalui lima elemen yaitu Tranparency, Internet Porosity, The Internet as an Agent, Richness in Content dan Reach. Berdasarkan hasil penelitian elemen Transparency pada aktivitas Cyber Public Relations mampu memberikan pemahaman yang baik bagi pelanggan melalui pemberian berbagai informasi. Elemen internet porosity pada aktivitas Cyber Public Relations adalah untuk membangun merek Gatsby. Elemen The Internet As an Agent ini menjadi salah satu proses untuk menjaga nama baik dan hubungan baik antara produk Gatsby dengan yang lain. Elemen Richness In Content berperan sebagai Expert Preciber Communication. Elemen Reach berperan untuk membangun kepercayaan kepada pelanggan. Keseluruhan aktivitas cyber public relations mampu menciptakan loyalitas pelanggan. Hal tersebut terbukti dengan meningkatkanya penjualan produk dan beberapa referensi pelanggan dalam melakukan pembelian dikarenakan informasi yang tersebar melalui Instagram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wisuda 2021
Uncontrolled Keywords: Cyber Public Relations, Instagram, Loyalitas Pelanggan.
Subjects: J Political Science > J Communication
J Political Science > J Communication
Divisions: Faculty of Social and Politics > Bachelor of Communicatios Studies
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:01
Last Modified: 07 Jun 2022 03:01
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/1187

Actions (login required)

View Item View Item