PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI SATPAS COLOMBO KOTA SURABAYA

SALMA, SABILATUS (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI SATPAS COLOMBO KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Surabaya.

[img] Text
SkripsiSabilatusSalma.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Satpas merupakan satuan penyelenggara administrasi SIM yang merupakan unsur pelaksana polri dibidang lalu lintas. Data produksi SIM setiap tahunnya meningkat, banyaknya jumlah masyarakat yang mengurus SIM menuntut pihak instansi untuk mampu memberikan dan mengelola berbagai pelayanan dengan baik. Terutama pada pelayanan publik yang diberikan oleh instansi haruslah berpengaruh kepada masyarakat dan dapat meningkatkan rasa tanggung jawab sebagai pelayan publik. Tingginya pemohon SIM juga meningkatkan unit pelayanan untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Kualitas pelayanan merupakan salah satu indikator keberhasilan petugas sebagai pelayan masyarakat, kualitas pelayanan merupakan kualitas jasa yang merupakan suatu hal yang kompleks karena penilaian kualitas ini berbeda dengan kualitas produk. Kualitas adalah unsur yang saling berhubungan terkait mutu yang dapat mempengaruhi kinerja untuk memenuhi harapan masyarakat, kualitas tidak hanya menekankan pada hasil akhir suatu produk tetapi menyangkut kualitas manusia, kualitas proses, dan kualitas lingkungan. Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa yang dihasilkan seseorang membandingkan kinerja pelayan publik yang dirasakan dengan ekspektasiyang diharapkan. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X) mempunyai pengaruh terhadap kepuasan masyarakat (Y), hal ini dibuktikan dengan hasil dari uji t yang telah diolah dengan SPSS maka dapat diketahui bahwa nilai variabel kualitas pelayanan (X) signifikan 0.000 lebih kecil dari 0.05, diketahui bahwa nilai koefisien determinasi berganda adjusted R Square adalah sebesar 0.613 atau sebesar 61.3%. Nilai ini menunjukkan variabel kepuasan masyarakat (Y) dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan(X).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wisuda 2021
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan, Kepuasan Masyarakat
Subjects: J Political Science > J Communication
J Political Science > J Communication
Divisions: Faculty of Social and Politics > Bachelor of Communicatios Studies
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 14 Jun 2022 04:20
Last Modified: 14 Jun 2022 04:20
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/1204

Actions (login required)

View Item View Item