PENGARUH PENUTUPAN PINTU PERLINTASAN KERETA API SEBIDANG TERHADAP TUNDAAN DAN PANJANG ANTRIAN KENDARAAN SERTA DAMPAK PERINGKAT LOS PADA RUAS JALAN RAYA WARU DAN JALAN BRIGJEN KATAMSO

Jatmiko, Windy (2020) PENGARUH PENUTUPAN PINTU PERLINTASAN KERETA API SEBIDANG TERHADAP TUNDAAN DAN PANJANG ANTRIAN KENDARAAN SERTA DAMPAK PERINGKAT LOS PADA RUAS JALAN RAYA WARU DAN JALAN BRIGJEN KATAMSO. Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (28kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)

Abstract

Penutupan palang pintu kereta api didasarkan pada jadwal kereta api sedangkan durasi penutupan didasarkan pada kebutuhan. Persimpangan (intersection) adalah dua buah ruas jalan atau lebih yang saling bertemu, saling berpotongan atau bersilangan. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 72 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Kereta Api (KA) pada pasal 110 ayat (1) menyebutkan “bahwa pada perpotongan sebidang antara jalur KA dengan jalan yang digunakan untuk lalu lintas umum atau lalu lintas khusus, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan Kereta Api (KA)” Salah satu persimpangan sebidang jalan kereta api yang berdapak pada tundaan dan panjang antrian pada ruas jalan raya yang signifikan adalah pada persimpangan perlintasan kereta api stasiun waru yang berlokasi di jalan Raya Waru, yang merupakan persimpangan jalan Raya Waru dan jalan Brigjen Katamso. Berdasarkan uraian tesebut maka perlu adanya analisa pengaruh penutupan pintu perlintasan kereta api ini dilakukan untuk mengetahui berapa lama waktu tundaan kendaraan dan panjang antrian kendaraan serta dampak peringkat LOS. Metode yang digunakan adalah metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Berdasarkan analisa dan perhitungan bahwa Level Of Service (LOS) pada saat terjadinya penutupan pintu perlintasan Kereta Api yang terjadi pada ruas Jalan Raya Waru tingkat LOS nya C, sedangkan untuk ruas Jalan Brigjen Katamso tingkat LOS nya B, dimana jika kondisi tidak ada penutupan pintu perlintasan Kereta Api kondisi di ruas Jalan Raya Waru tingkat LOS nya B dan Jalan Brigjen Katamso adalah tingkat LOS nya A, sehingga untuk tetap pada kondisi LOS tersebut dibutuhkan Jalan alternatif untuk kendaraan yaitu dengan membuat Flyover atau underpass hal ini dilakukan agar perlintasan tersebut menjadi perlintasan tidak sebidang sehingga tidak menyebabkan tundaan serta panjang antrian kendaraan akibat penutupan pintu perlintasan Kereta Api pada ruas Jalan Raya Waru dan Jalan Brigjen Katamso.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wisuda 2020
Uncontrolled Keywords: durasi penutupan, Level Of Service (LOS), panjang antrian, tundaan
Subjects: Technology > Civil Engineering
Technology > Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Bachelor of Civil Engineering
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:32
Last Modified: 07 Jul 2022 03:47
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/1245

Actions (login required)

View Item View Item