PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN PADA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA PROVINSI JAWA TIMUR

ANISAH, SONYA WIDYAGNES DELA (2021) PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN PADA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA PROVINSI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Surabaya.

[img] Text
sonya wiyagnes JURNAL.pdf

Download (550kB)

Abstract

ABSTRAK; Peningkatan kualitas pelayanan merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kualitas dan inovasi pelayanan publik pada masing-masing instansi pemerintah secara berkala sesuai kebutuhan dan harapan yang diinginkan oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kualiats pelayanan serta agar mengetahui faktor pendorong dan faktor penghambat peningkatan kualitas pelayanan. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu diskriptif kualitatif. Sumber informasi menggunakan purposive sampling dan accidental sampling. Data yang dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan penyajian data, reduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh adalah dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur jika dilhat dari 5 dimensi kualitas ini sudah meningkatkan kualitas pelayanan, yaitu tersedianya pelayanan online, fasilitas yang memadai seperti kursi tunggu, proses pelayanan tergantung dengan layanan tersebut hingga memerlukan waktu dua hari atau dua bulan. Progam tersebut juga memiliki faktor pendukung sumber daya manusia yang berkompeten, kesadaran masyarakat akan mempermudah dalam hal segi administratif. Namun ada faktor penghambatnya saat melakukan pelayanan sumber daya manusia kurang teliti dan kuragnya komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wisuda 2021
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Administrasi, Sumber Daya Manusia
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social and Politics > Bachelor of Public Administrations
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:06
Last Modified: 04 Aug 2022 03:06
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/1300

Actions (login required)

View Item View Item