STRATEGI PENGEMBANGAN PENINGKATAN DAYA SAING USAHA KECIL MENENGAH (UKM) MELALUI MARKETING ONLINE (Studi pada Usaha “Distro Bragga” Desa Petiken, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik)

AGMALIA, NADIA RIZKA (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN PENINGKATAN DAYA SAING USAHA KECIL MENENGAH (UKM) MELALUI MARKETING ONLINE (Studi pada Usaha “Distro Bragga” Desa Petiken, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik). Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Surabaya.

[img] Text
JURNAL NADIA RIZKA.doc

Download (102kB)

Abstract

Usaha Kecil Menengah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri yang di lakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau anak cabang yang di miliki serta di kuasai atau menjadi bagian, baik secara langsung mau pun tidak langsung. Dalam upaya pembangunan perekonomian nasional, meningkatkan daya saing bagi usaha mikro merupakan salah satu faktor yang perlu diperhitungkan. Hal tersebut berkaitan dengan peran UKM dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Daya saing Usaha Mikro dapat diwujudkan dengan penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan transformasi bisnis, ketepatan dan efisiensi pertukaran informasi, selain itu penggunaan teknologi informasi juga dapat mempeluas jaringan pemasaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi marketing online yang dilakukan UKM Distro Bragga dalam upaya peningkatan daya saing di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik? Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menguji bagaimana strategi pengembangan UKM “Distro Bragga” melalui marketing online untuk meningkatkan daya saing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (a) Strategi Pengembangan UKM “Distro Bragga” Melalui Marketing Online sudah sangat baik. Dengan menggunakan Strategi promosi online Distro Bragga yaitu mengunggah produk melalui e-commerce dan marketplace. (b) Strategi Pengembangan “Distro Bragga” untuk meningkatkan daya saing dapat dilihat dari strategi bauran pemasaran yaitu Strategi produk yaitu, strategi positioning produk, strategi harga, strategi tempat/distribusi, dan strategi promosi online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wisuda 2021
Uncontrolled Keywords: Strategi pengembangan, UKM, Marketing Online, Daya Saing.
Subjects: J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JC Political theory
Divisions: Faculty of Social and Politics > Bachelor of Public Administrations
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:28
Last Modified: 04 Aug 2022 04:28
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/1303

Actions (login required)

View Item View Item