KONSTRUKSI PEMBERDAYAAN WISATA ALAM DAYA SAING INDUSTRI 4.0 WILAYAH PESISIR JAWA TIMUR

Soehardjoepri, Soehardjoepri and Balafif, Mohammad and Widyastuti, Anak Agung Sagung Alit (2022) KONSTRUKSI PEMBERDAYAAN WISATA ALAM DAYA SAING INDUSTRI 4.0 WILAYAH PESISIR JAWA TIMUR. https://ceritajatim.com.

[img] Text
KONSTRUKSI PEMBERDAYAAN WISATA ALAM DAYA SAING INDUSTRI 4.0  WILAYAH PESISIR JAWA TIMUR - Cerita Jatim.html

Download (117kB)
Official URL: https://ceritajatim.com/blog/konstruksi-pemberdaya...

Abstract

Situbondo dan Bangkalan termasuk dalam daftar daerah tertinggal yang disebutkan dalam penetapan daerah tertinggal Jawa Timur tahun 2015-2019, padahal kota ini memiliki banyak potensi yang belum dikembangkan. Hal ini tidak terlepas dari masalah tipikal yang dialami oleh daerah pesisir, yaitu permasalahan kemiskinan, kesenjangan sosial, kelangkaan sumberdaya perikanan, konflik sosial antar kelompok pengrajin ikan laut dan kerusakan ekosistem. Dua kota ini termasuk daerah tertinggal karena ditinjau dari aspek perekonomian masyarakat, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, kemampuan keuangan daerah, aksesibiltas dan karakteristik daerah. Permasalahan dalam mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Bangkalan banyak memiliki destinasi obyek wisata baik wisata alam maupun wisata pantai dan religi, namun distinasi obyek wisata tersebut masih banyak belum dikelola secara lebih baik dari aspek infrastruktur maupun dari aspek menejemen, sehingga belum optimal didalam mendorong dan pengembangkan sektor perekonomian masyarakat serta sebagai penyedia lapangan kerja. Masih rendahnya kualitas SDM, terbatasnya pengalaman dalam mengelolah sektor pariwisata menjadi masalah persendiri. Akses transportasi dari dan ke lokasi obyek wisata masih sangat terbatas, sehingga para wisatawan tidak tertarik untuk menuju distinasi obyek wisata tersebut. Untuk merubah distinasi obyek wisata yang potensial tersebut menjadi distinasi obyek wisata yang efektif dan popular di kenal oleh para wisatawan tentu diperlukan investasi, baik investasi yang bersifat Human, maupun investasi riil, sehinnga distinasi obyek wisata tersebut mampu menjadi pendorong dan sebagai mesin penggerak kegiatan perekonian dan peningkatan pendapatan perkapita serta menjadi andalan sebagai sumber pendapatan asli daerah dari pajak maupun retribusi.

Item Type: Other
Additional Information: Kolaborasi tim peneliti dengan multi disiplin ilmu yang berbeda Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Universitas Bhayangkara Surabaya dan UNIPA Surabaya (Ketua: Dr. SOEHARDJOEPRI, M.Si, Dr. MAMAK BALAFIF, M.EC, ANAK AGUNG SAGUNG ALIT WIDYASTUTI, ST, MT saling melengkapi melaksanakan kegiatan penelitian “ KONSTRUKSI PEMBERDAYAAN WISATA ALAM MELALUI “MARKETPLACE ONLINE” BERBASIS BRAND STRATEGY UNTUK PERCEPATAN PEMBANGUNAN DAN PENINGKATAN DAYA SAING INDUSTRI 4.0 di DAERAH TERTINGGAL WILAYAH PESISIR JAWA TIMUR.” Kegiatan yang didukung oleh Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. ini berfokus untuk melakukan kegiatan penelitian untuk meningkatkan daya tarik pelaku sektor industri pesisir Jawa Timur masa New Normal. Yaitu Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Bangkalan.
Uncontrolled Keywords: BRAND STRATEGY
Divisions: Faculty of Economic & Business
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 09 Aug 2022 06:43
Last Modified: 09 Aug 2022 06:43
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/1316

Actions (login required)

View Item View Item