STRATEGI CUSTOMER RELATIONS CV. HANDARI DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN GUNA MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN BAIK DENGAN PELANGGAN

OCTAVIANY, FRIDA (2022) STRATEGI CUSTOMER RELATIONS CV. HANDARI DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN GUNA MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN BAIK DENGAN PELANGGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS BHAYANGKARA SURABAYA.

[img] Text
STRATEGI CUSTOMER RELATIONS CV. HANDARI DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN GUNA MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN BAIK DENGAN PELANG_1_removed.pdf

Download (51kB)

Abstract

Di Indonesia terdapat banyak sekali bisnis salah satunya adalah bisnis alat-alat kesehatan. Bertepatan dengan kondisi saat ini yaitu adanya pandemic Covid-19 yang membuat banyak Rumah Sakit membutuhkan alat-alat yang memumpuni untuk pasien-pasiennya. CV. Handari merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jual-beli dan service alat kesehatan di Mojokerto. Dalam menjalankan bisnis jual beli alat kesehatan, CV. Handari kerap mendapatkan keluhan-keluhan dari rumah sakit yang dilayaninya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi CV. Handari dalam menangani keluhan yang didapat dari pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan Teknik pengumpulan data, peneliti melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan informan yang diwawancarai adalah Direktur CV. Handari. Hasil penelitian ini adalah Strategi Customer Relations yang diterapkan oleh CV. Handari menggunakan teori Customer Relations menurut Sheth, Parvatiyar dan Shainesh yang dikutip oleh Eddy Soeryanto Soegoto dalam bukunya Marketing Research The Smart Way to Solve a Problem yaitu Continuity Marketing berupa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan dengan cara memberikan diskon atau potongan harga untuk pelanggan, One to One Marketing berupa melakukan pendekatan dengan pelanggan dengan cara melakukan promosi secara individu atau tatap muka dan memberikan gift kepada pelanggan, Partnering Program berupa kerjasama perusahaan dengan distributor penyedia barang atau kolaborasi dengan cara membantu pelanggan memberbaiki barang yang rusak walaupun tidak mendapatkan hak bayar, promosi bersama di instansi-instansi lain yang belum pernah dikunjungi. Strategi tersebut terbukti mampu untuk meningkatkan dan mempertahankan hubungan baik antara perusahaan dengan pelanggan dan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan dapat dijalin dengan jangka waktu yang Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wisuda 2022
Uncontrolled Keywords: Strategi, Customer Relations, Keluhan Pelanggan
Subjects: HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Social and Politics > Bachelor of Communicatios Studies
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 16 Jan 2023 04:32
Last Modified: 16 Jan 2023 04:32
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/1648

Actions (login required)

View Item View Item