KEGIATAN CUSTOMER RELATIONS TELKOM DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN WIFI INDIHOME DI MASA PANDEMI COVID-19

Pradhipta, Bagus Anindya (2022) KEGIATAN CUSTOMER RELATIONS TELKOM DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN WIFI INDIHOME DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Surabaya.

[img] Text
Jurnal Bagus Anindya.pdf

Download (508kB)

Abstract

IndiHome merupakan perusahaan jaringan penyedia internet dengan berbagai fasilitas guna memudahkan pelanggannya untuk memenuhi kebutuhan mulai dari anak-anak sekolah, mahaswa, dosen/guru, hingga karyawan-karyawan pekerja kantor. Namun sejak terjadinya Covid 19 pada tahun 2019, pemerintah memberlakukan peraturan WFH bagi pekerja/karyawan kantor dan daring bagi mahasiswa dan siswa sekolah guna mencegah penyebaran virus Covid 19. Jaringan internet semakin dibutuhkan oleh orang-orang untuk memenuhi kebutuhannya masing-masing salah satunya IndiHome yang semakin banyak pelanggannya ditengah masa pandemi seperti belakangan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan customer relations IndiHome dalam upaya mempertahankan loyalitas pengguna wifi IndiHome di masa pandemi covid 19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta pengumpulan data melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Customer Relations IndiHome mengambil tindakan dalam upaya mempertahankan loyalitas pengguna wifi IndiHome dengan beberapa strategi yaitu dengan memperbanyak promosi pelayanan IndiHome, menyediakan tim yang siaga ketika terjadi permasalahan jaringan yang dialami oleh pelanggan, pelayanan yang optimal, memberikan keringanan bagi pelanggan yang terdampak masalah jaringan. Kebijakan yang diciptakan oleh IndiHome ini berdampak pada kelancaran pelanggannya ketika mengakses internet guna memenuhi kebutuhannya. Strategi ini dirasa membawa perubahan bagi para pelanggannya yang sedang terdampak pandemi covid 19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wisuda 2022
Uncontrolled Keywords: Customer Relations, loyalitas, dan covid 19
Subjects: HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Social and Politics > Bachelor of Communicatios Studies
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:44
Last Modified: 25 Jan 2023 03:44
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/1671

Actions (login required)

View Item View Item