STRATEGI KONVERGENSI @GEN1031FMSBY GUNA MENAMBAH PEMINAT PENDENGAR RADIO MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK

Shavira, Dinda Mellynia (2022) STRATEGI KONVERGENSI @GEN1031FMSBY GUNA MENAMBAH PEMINAT PENDENGAR RADIO MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK. Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Surabaya.

[img] Text
JURNAL DINDA NEW.pdf

Download (372kB)

Abstract

Strategi konvergensi @gen1031fmsby melalui media sosial tiktok dalam mempertahankan media konvensional dan untuk menghadapi persaingan indutri media radio dengan memanfaatkan teknologi baru yaitu internet. Munculnya internet di era digitalisai membuat media penyiaran radio harus beradaptasi untuk tetap eksis, karena masyarakat mulai meninggalkan media konvensional dan menggunakan satu perangkat untuk dua kegiatan dalam satu waktu misalnya mengakses internet dan mendengarkan radio. Fenomena ini membuat salah satu radio konvensional mulai kehilangan pendengarnya, untuk bertahan hidup, mengcover semua pendengar, serta bersaing dengan industri media penyiaran lainnya di era digitalisai. Salah satu yang dilakukan radio ini adalah memanfaatkan teknologi baru yaitu media sosial tiktok dengan melakukan mediamorfosis dari radio analog ke digital dengan bentuk konvergensi media. Konvergensi media yang dilakukan radio gen 103.1 Fm adalah menggabungkan media sosial tiktok dengan radio dalam satu platform yaitu media sosial. Metode penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami objek yang diteliti secara mendalam dan mengembangkan konsep kepekaan terhadap suatu permasalahan, memperjelas realitas yang berkaitan dengan teori dasar dan mengembangkan pemahaman terhadap satu atau lebih peristiwa yang terjadi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan beberapa cara diantranya: wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan yang diterapkan di @gen1031fmsby efektif bagi peminat pendengar radio, kerena dalam penerapan strategi konvergensi media konvergensi seperti perubahan media analog ke digital, penggabungan media konvensional dengan media baru berjalan dengan baik. Radio gen 103.1 Fm tetap bisa bertahan di era digitalisasi dalam memanfaatkan media sosial tiktok agar lebih dekat dengan pendengarnya dengan strategi konvergensi media sosial tiktok. Media tersebut digunakan untuk mempromosikan program-program acara di radio gen 103.1 Fm, menambah jangkauan siaran untuk mengcover pendengar yang berada diluar siaran analog, mengajak pendengar untuk lebih aktif saat siaran on air di berbagai fitur media sosial salah satunya media sosial tiktok seperti live tiktok dan memberikan konten koten yang menarik agar menjadi konten fyp, sebagai media sosial tiktok di era digitalisasi dengan memposting vidio lucu dan beberapa cerita cerita seru media sosial tiktok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wisuda 2022
Uncontrolled Keywords: Konvergensi media, Tiktok, Peminat Pendengar
Subjects: Social & Political Sciences
Social & Political Sciences
Social & Political Sciences
Divisions: Faculty of Social and Politics > Bachelor of Communicatios Studies
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 25 Jan 2023 06:36
Last Modified: 25 Jan 2023 06:36
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/1676

Actions (login required)

View Item View Item