FACHTONI, DIMAS MARDIANTO (2022) IMPLEMENTASI E-BUPOT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPATUHAN DAN KREDIBILITAS PERUSAHAAN JASA DI SURABAYA TERHADAP CUSTOMER. DIMAS MARDIANTO FACHTONI. Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Surabaya.
Text
JURNAL SKRIPSI 2022.pdf Download (911kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Ebupot dalam upaya meningkatkan kepatuhan dan kredibilitas perusahaan terhadap customer. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan ABC yang mendapati adanya dilematis persoalan yakni kepatuhan customer dalam pemotongan pajak PPh Pasal 23 dan kredibilitas perusahaan terhadap customer. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data diantaranya observasi, waancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa implementasi Ebupot dalam meningkatkan kepatuhan terkait Pajak PPh pasal 23 dilakukan menggunakan prinsip self assessment. Sesuai dengan prinsip tersebut sehingga perusahaan dalam implementasinya sebagai berikut sosialisasi kebijakan baru perusahaan kepada cutomer, pemantauan input pajak yang dilakukan customer, dan optimalisasi median elektronik email sebagai pemberitahuan jika customer mengalami keterlambatan dari jatuh tempo pembayaran pajak PPh 23. Sedangkan terkait dengan kredibilitas perusahaan memberikan toleransi dan himbauan karena prinsip pemotongan dan pelaporan pajak PPh pasal 23 merupakan self assessment dari customer.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Wisuda 2022 |
Uncontrolled Keywords: | E-Bupot, Kepatuhan Wajib Pajak, Kredibilitas Perusahaan |
Subjects: | Accounting Accounting |
Depositing User: | Perpus Ubhara Surabaya |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 03:30 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 03:30 |
URI: | http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/1797 |
Actions (login required)
View Item |