“FRAMING MEDIA DALAM MEMBANGUN PERSONAL BRANDING GIBRAN RAKA BUMINGRAKA SEBAGAI CAWAPRES PADA TWITTER (X) @GIBRAN_TWEET DALAM PANDANGAN FOLLOWERS”

SEFTIANI, SEFTIANI (2025) “FRAMING MEDIA DALAM MEMBANGUN PERSONAL BRANDING GIBRAN RAKA BUMINGRAKA SEBAGAI CAWAPRES PADA TWITTER (X) @GIBRAN_TWEET DALAM PANDANGAN FOLLOWERS”. Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Surabaya.

[img] Text
Skripsi-Seftiani.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Jurnal-Seftiani.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Turnitin Skripsi-Seftiani.pdf

Download (310kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana framing media digunakan untuk membangun personal branding Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (Cawapres) pada akun Twitter (X) @gibran_tweet dalam pandangan followers. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode framing Robert Entman, yang mencakup analisis mendalam terhadap postingan dan komentar pada akun tersebut. Data dikumpulkan dari berbagai postingan dan tanggapan followers untuk mengidentifikasi strategi framing yang diterapkan dan persepsi yang terbentuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa framing media yang digunakan oleh akun @gibran_tweet berhasil menciptakan citra Gibran sebagai figur pemimpin muda yang responsif, fleksibel, dan dekat dengan masyarakat. Dari 25 komentar yang dianalisis, 52% menunjukkan respons positif berupa dukungan dan simpati terhadap personal branding Gibran. Sebanyak 32% menunjukkan respons negatif, terutama berupa kritik terhadap status keluarga dan isu favoritisme, sementara 16% bersifat netral atau ambigu. Narasi yang terbangun di akun ini umumnya menonjolkan Gibran sebagai tokoh yang santai dan adaptif, dengan konten yang mengundang interaksi aktif dari followers. Namun, beberapa tantangan tetap ada, seperti kritik terkait legitimasi citra yang dibangun. Penelitian ini menyimpulkan bahwa framing media melalui akun @gibran_tweet memainkan peran penting dalam membangun personal branding Gibran sebagai Cawapres Pemilu 2024, namun tetap menghadapi tantangan dalam meraih dukungan penuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wisuda 2025
Uncontrolled Keywords: Framing media, Personal Branding, Twitter, Gibran Rakabuming Raka, Cawapres
Subjects: HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Social and Politics > Bachelor of Communicatios Studies
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 29 Apr 2025 06:42
Last Modified: 29 Apr 2025 06:42
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/2936

Actions (login required)

View Item View Item