Faktor yang Mempengaruhi E-Money Terhadap Minat Konsumsi pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Surabaya

Nugraha, M. Brigas Ajie and Haryono, Haryono and Pudjowati, Juliani (2025) Faktor yang Mempengaruhi E-Money Terhadap Minat Konsumsi pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Surabaya. bharanomics, 5 (2). ISSN 2774-7190

[img] Text
Bharonomic25_Emoney.pdf

Download (357kB)
Official URL: https://journal.febubhara-sby.org/bharanomics/arti...

Abstract

E-money merupakan salah satu fasilitas untuk alat pembayaran selain uang tunai atau cash yang disahkan oleh Bank Indonesia. Penggunaan e-money dengan cara elektronik dan disimpan pada media kartu dengan chip ataupun server dan dapat dipindahkan untuk transaksi pembayaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah literasi keuangan, penggunaan e-money, dan kontrol diri dapat mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa/mahasiswi Universitas Bhayangkara Surabaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Ekonomi Pembangunan. Penelitian ini menggunakan variabel independen variabel literasi keuangan (X1), variabel penggunaan e-money (X2), variabel kontrol diri (X3) dan variabel dependen perilaku konsumtif (Y). Menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-money memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perilaku konsumtif, ditujukkan variabel penggunaan e-money (X2) merupakan variabel yang paling dominan, Kehadiran uang elektronik menjadi salah satu cara untuk mendorong mahasiwa menjadi konsumtif

Item Type: Article
Subjects: Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Economic & Business > Bachelor of Management & Business
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 14 May 2025 03:09
Last Modified: 14 May 2025 03:09
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/2945

Actions (login required)

View Item View Item