PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM REHABILITASI LAHAN KRITIS DI WILAYAH PERBUKITAN KAPUR UNTUK MENCEGAH BANJIR DI KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN SAMPANG JAWA TIMUR

SYARIFUL ALIM, Syariful and Hari Toha Hidayat, and Amirulllah ST.,MT, (2013) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM REHABILITASI LAHAN KRITIS DI WILAYAH PERBUKITAN KAPUR UNTUK MENCEGAH BANJIR DI KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN SAMPANG JAWA TIMUR. Project Report. FT UBHARA Surabaya, FT Universitas Bhayangkara Surabaya. (Submitted)

[img]
Preview
Text
UBHARASURYA-Research-kkn ppm-Amir1_20160317_0001.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.ubhara.ac.id/files/UBHARASURYA-R...

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan kepada Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bhayangkara Surabaya Tahun 2013 bedudulPemberdalaan Masyarakat dalam Rehabilitasi Lahan Kritis di Wilayah Perbukitan Kapur untuk Mencegah Banjir di Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang Jawa-Timur. Latar belakang kegiatan ini adalah (l) Konversi hutan jati menjadi kawasan pemukiman, (2) Pemanfaatan kayu hutan jati untuk kayu bakar, bahan bangunan, dan daun untuk ternak,(3) Penambangan pasir dan batu untuk bahan bangunan dan urukan, dan (4) Kesadaran masyarakat untuk menjaga fungsi dan habitat hutan jati relatif rendah. Dampaknya adalah banjir tahunan yang melanda Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang. Solusi yang ditawarkan adalah pemberdayaan masyarakat untuk mengelola hutan jati untuk mencegah banjir di Kecamatan Sampang. Metode kegiatan ditempuh dengan cara: (1) Pengelolaan hutan jati yaitu sosialisasi dan penanaman 2000 bibit pohon jati di Kelurahan Dalpenang Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang untuk mengurangi banjir, (2) Pengelolaan wisata hutan jati dalam bentuk sosialisasi dan pembangunan pos peristirahatan wisata hutan jati, dan (3) Pemahaman kesadaran menjaga habitat hutan jati dalam bentuk sosialisasi pemeliharaan dan penyulaman bibit pohon jati untuk siswa sekolah di Kelurahan Dalpenang Kecamatan Sampang. Luaran kegiatan KKN PPM Tahun 2013 adalah (l) Memberdayakan dan meningkatkan peran serta masyarakat lokal untuk mengelola, mempertahankan kelestarian, dan memperluas areal hutan jati, (2) Mencegah dan mengurangi angka pencurian kayu hutanjati untuk bahan bangunan, kayu bakar, dan daun untuk makanan temalg (3) Pemberdayaan sektor ekonomi lokal akibat keberadaan wisata hutan jati, dan (4) Mengurangi luas lahan kritis dan mencegah banjir tahunan di Kecamatan Kota Sampang. Kata-Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Perbukitan Kapur, Lahan Kritis, Banjir, Wisata Hutan Jati.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Technology > Electrical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Bachelor of Informations Technology
Depositing User: Rinawati ubhsby
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:44
Last Modified: 30 Nov 2019 04:25
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/42

Actions (login required)

View Item View Item