MODEL PEMBERDAYAAN PENGRAJIN BATIK JAWA TIMUR MELALUI PENDEKATAN STANDARISASI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Widiana, M. Erma and Hidayati, Kusni and Karsam, Karsam (2021) MODEL PEMBERDAYAAN PENGRAJIN BATIK JAWA TIMUR MELALUI PENDEKATAN STANDARISASI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. [Image]

[img]
Preview
Image
POSTER Pengrajin Batik Jatim.jpg

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kontribusi sub sektor industri terhadap PDRB Jawa Timur antara lain industri batik, perlu dilakukan pembinaan secara berkesinambungan untuk mempertahankan dan meningkatkan daya saing IKM batik Jawa Timur. Namun sayangnya batik yang dihasilkan pengrajin pada masa revolusi industri 4.0 ini masih kurang berdaya saing. Salah satu cara untuk meningkatkan daya saing IKM batik adalah memberdayakannya dengan standarisasi yang berbasis IT agar dapat meningkatkan Outcome. Peningkatan pendapatan pengrajin akan berdampak pada pembangunan di Indonesia. Pengrajin sebagian besar dalam produksi batik belum dilakukan dengan standarisasi dan dalam memasarkannya masih dengan cara konvensional. Problem iptek yaitu pemasaran dan teknologi informasi tampaknya masih menjadi kendala dalam mengembangkan industri kreatif yaitu batik. Industri kreatif sebagai bentuk pernyataan pengrajin batik Jawa Timur memiliki potensi untuk mempromosikan visi pembangunan ekonominya dan pertumbuhannya sesuai dengan spesifik pendapatannya, budayanya dan kondisi lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memanfaatkan potensi usaha para pengrajin batik Jawa Timur secara optimal guna peningkatan ekonomi pengrajin, peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dan berdaya saing pada revolusi industri 4.0. dengan judul: Pengembangan Model Pemberdayaan Pengrajin Batik Jawa Timur Melalui Pendekatan Standarisasi Berbasis Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan daya saing Era Revolusi Industri 4.0 Metode: Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan berbagai disiplin ilmu manajemen pemasaran manajemen akuntasi, matematika terapan, desain komunikasi visual. Target Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan secara bertahap selama tiga tahun. Tahun pertama melakukan identifikasi pengembangan model yang berlangsung di wilayah obyek penelitian Pengrajin batik Jawa Timur. Tahun kedua, uji coba model pada Pengrajin batik Jawa Timur. Tahun ketiga, berupa implementasi dan desiminasi model pada pengrajin dengan kegiatan ekonomi lain. Luaran Tahun I:Buku SBN dan HKI Tahun II Jurnal Internasional, Tahun III HKI

Item Type: Image
Additional Information: Deputi Bidang Penguatan Riset Pengembangan Kemenristek Badan Riset & Inovasi Nasional sesuai kontrak induk penelitian no kontrak induk: 3/E.1/KP.PTNBH/2021, No Kontrak Penelitino 982/PKS/ITS/2021
Divisions: Faculty of Economic & Business > Bachelor of Management & Business
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 21 Sep 2021 03:29
Last Modified: 21 Sep 2021 03:29
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/843

Actions (login required)

View Item View Item