AKTIVITAS CYBER PR BIRO EKONOMI PROVINSI JATIM DALAM MENGINFORMASIKAN PROGRAM MILLENNIAL JOB CENTER GUNA MENGHADAPI ERA GIG EKONOMI

MERDIE, CINDY AMANDA CLAUDIA VAN (2022) AKTIVITAS CYBER PR BIRO EKONOMI PROVINSI JATIM DALAM MENGINFORMASIKAN PROGRAM MILLENNIAL JOB CENTER GUNA MENGHADAPI ERA GIG EKONOMI. Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Surabaya.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (15kB)

Abstract

Perkembangan era 4.0 mengakibatkan teknologi mempunyai peran penting dalam aspek Ekonomi dengan memunculkan fenomena Gig Ekonomi yang melibatkan tenaga kerja lepas atau freelancer. Wujud hadirnya Pemerintah Provinsi Jatim dalam menyambut Gig Ekonomi adalah dengan meluncurkan program Millennial Job Center (MJC) untuk mendukung anak-anak muda atau millennials dalam bersaing di dunia digital. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui Aktivitas Cyber PR yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jatim dalam upaya menginformasikan program MJC. Dalam pelaksanaan praktik Cyber PR penting untuk memperhatikan konsep-konsep dasar, seperti Transparency, Internet Porosity, Internet as an Agent, Richness in Content, dan Reach. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi pada Biro Ekonomi Provinsi Jatim. Subjek dalam penelitian ini adalah selaku Tenaga Ahli dan Kasubag Pembiayaan, Kemitraan BUMD, dan Investasi Daerah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah telah memperhatikan lima elemen-elemen penting dalam praktik Cyber PR, yakni berusaha untuk terbuka atau transparan dalam memberikan informasi terkait MJC, namun tetap menjaga informasi atau data internal agar tidak mengalami kebocoran kepada khalayak eksternal dengan dilakukannya pengawasan secara berkala pada informasi atau konten yang telah diunggah. Selain itu, bentuk kekayaan informasi yang diberikan turut mengikuti perkembangan atau gaya komunikasi millennial, serta tetap mengandung struktur informasi yang jelas dan lugas. Dalam praktik penggunaan media sosialnya juga memanfaatkan fitur iklan atau Ads untuk mencakup masyarakat secara luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wisuda 2022
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Cyber PR, Millennial Job Center, Gig Ekonomi
Subjects: Social & Political Sciences
Social & Political Sciences
Social & Political Sciences
Divisions: Faculty of Social and Politics > Bachelor of Communicatios Studies
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:21
Last Modified: 30 Jan 2023 03:21
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/1689

Actions (login required)

View Item View Item