POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENDUKUNG PELAYANAN PUBLIK DI BADAN RISET DAN INOVASI DAERAH (BRIDA) PROVINSI JAWA TIMUR

Resa, Muhammad Novi Julia (2023) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENDUKUNG PELAYANAN PUBLIK DI BADAN RISET DAN INOVASI DAERAH (BRIDA) PROVINSI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Surabaya.

[img] Text
abstrak indo skripsi.pdf

Download (37kB)
[img] Text
abstrak inggris skripsi.pdf

Download (37kB)
[img] Text
cover dalam skripsi.pdf

Download (142kB)

Abstract

Komunikasi organisasi penting adanya dikarenakan dengan adanya komunikasi yang terjadi di dalam suatu organisasi hal ini juga akan dapat mendukung aliran sistem menejemen di dalam organisasi tersebut. adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pola komunikasi yang di gunakan badan riset dan inovasi daerah provinsi jawa timur dalam mendukung pelayanan publik, untuk menganalisis faktor penghambat serta faktor dalam penerapan pola komunikasi organisasi, dan untuk menganalisis upaya dalam penerapan komunikasi organisasi dalam mendukung pelayanan publik yang lebih efektif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Pola komunikasi organisasi dari penelitian ini menggunakan teori Veithzal Rivai yang dimana indikator pada teori ini yaitu pola komunikasi vertikal, horizontal, dan diagonal. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa badan riset dan inovasi daerah provinsi jawa timur dalam penerapan komunikasi organisasi dalam mendukung pelayanan publik menggunakan pola komunikasi vertikal digunakan oleh pimpinan untuk mengkoordinasi bawahan melalui rapat, bereafing, dan evaluasi kerja pegawai. komunikasi horizontal digunakan oleh pegawai yang setara utuk melakukan pendekatan serta saling mendukung pelaksanaan program kerja yang telah disusun. Dan komunikasi diagonal digunakan untuk rapat koordinasi antara pejabat fungsional dan pejabat struktural dalam pembentukan tim terkait tugas-tugas tertentu. Tidak adanya hambatan dalam penyampaian informasi oleh pimpinan, dan dalam penggunaan media juga pegawai mampu mengoprasikannya. Sedangkan faktor pendukungnya pegawai di berikan pelatihan khusus terhadap penggunaan media komunikasi tersebut. adapun upaya yang dilakukan badan riset dan inovasi daerah provinsi jawa timur dalam mendukung pelayanan publik yang efektif yaitu adanya hubungan yang baik antar pimpinan dan sebaliknya dan juga adanya hubungan yang baik antar sesama pegawai sehingga pegawai dapat saling mendukung dalam pelaksanaan program kerja yan telah disusun sehingga nantinya dapat mendukung pelayanan publik yang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wisuda 2023
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Organisasi, Pola, Pelayanan Publik, Efektif.
Subjects: HP Public Administrations
Divisions: Faculty of Social and Politics > Bachelor of Public Administrations
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 10 Jun 2024 06:28
Last Modified: 10 Jun 2024 06:28
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/2503

Actions (login required)

View Item View Item