Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) dengan Strategi Diferensiasi Melalui Metode Lesson Study pada Topik Bumi dan Tata Surya

Amrilizia, Nassa and Dewi, Nurul Kusuma and Ratnawati, Susi (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) dengan Strategi Diferensiasi Melalui Metode Lesson Study pada Topik Bumi dan Tata Surya. SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA), 2 (2). pp. 107-120. ISSN e- 2987-3940

[img] Text
Senassdra24_Peningkatan hasil belajar.pdf

Download (299kB)
Official URL: https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model Project Based Learning (PjBL) dengan strategi diferensiasi. Strategi diferensiasi yang digunakan meliputi diferensiasi proses, konten dan produk sesuai dengan pengelompokan gaya belajar (visual, audiotori dan kinestetik). Penulisan artikel ini merupakan hasil Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTK Kolaboratif) antara mahasiswa, dosen dan praktisi lapangan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran di SMPN 11 Madiun menggunakan tahapan lesson study yaitu plan, do see. Hasil belajar siswa dalam siklus I menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 45,8% dengan rata-rata 66,67 sehingga belum mencapai ketuntasan belajar yang optimal. Pada siklus II penelitian dilanjutkan berdasarkan perbaikan sesuai kritik dan saran sehingga ketuntasan klasikal yang diperoleh setelah pembelajaran meningkat menjadi 87.5% dengan rata-rata 84,16. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi model PjBL dengan strategi diferensiasi pada topik Bumi dan Tata Surya mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Diferensiasi, Lesson study, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Social and Politics
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 17 Oct 2024 03:02
Last Modified: 17 Oct 2024 03:02
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/2735

Actions (login required)

View Item View Item