Amrilizia, Nassa and Dewi, Nurul Kusuma and Ratnawati, Susi (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) dengan Strategi Diferensiasi Melalui Metode Lesson Study pada Topik Bumi dan Tata Surya. SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA), 2 (2). pp. 107-120. ISSN e- 2987-3940
Text
Senassdra24_Peningkatan hasil belajar.pdf Download (299kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model Project Based Learning (PjBL) dengan strategi diferensiasi. Strategi diferensiasi yang digunakan meliputi diferensiasi proses, konten dan produk sesuai dengan pengelompokan gaya belajar (visual, audiotori dan kinestetik). Penulisan artikel ini merupakan hasil Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTK Kolaboratif) antara mahasiswa, dosen dan praktisi lapangan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran di SMPN 11 Madiun menggunakan tahapan lesson study yaitu plan, do see. Hasil belajar siswa dalam siklus I menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 45,8% dengan rata-rata 66,67 sehingga belum mencapai ketuntasan belajar yang optimal. Pada siklus II penelitian dilanjutkan berdasarkan perbaikan sesuai kritik dan saran sehingga ketuntasan klasikal yang diperoleh setelah pembelajaran meningkat menjadi 87.5% dengan rata-rata 84,16. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi model PjBL dengan strategi diferensiasi pada topik Bumi dan Tata Surya mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Diferensiasi, Lesson study, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Politics |
Depositing User: | Perpus Ubhara Surabaya |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 03:02 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 03:02 |
URI: | http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/2735 |
Actions (login required)
View Item |