Kusumandayu, Rully (2016) PENGARUH BAURAN PROMOSI, CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN TAMU MENGINAP DI BESS RESORT & WATERPARK, HOTEL AND CONVENTION LAWANG – MALANG. Jurnal Manajemen Sience, vol. 7 (no.5). pp. 32-48. ISSN 2085-3467
|
Image
vol 7 no 5.jpg Download (2MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (103kB) |
||
Text
3. RULLY KUSUMANDAYU-PENGARUH BAURAN PROMOSI.pdf Download (472kB) |
Abstract
Pada saat ini industri pariwisata Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat dan menjadi sektor yang tidak pernah ada habisnya, karena selain merupakan penghasil devisa negara, jika dikelolah dengan baik dan terarah dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dari segi ekonomi. Hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus sebagai peluang bisnis dalam perekonomian Indonesia selain faktor-faktor lain seperti pendayagunaan industri kecil dan menengah dalam mendongkrak perekonomian nasional yang terpuruk akibat krisis moneter. Kesadaran akan perlunya penanganan yang lebih serius terhadap bidang ini telah melahirkan beberapa kebijakan sebagai langkah pengembangannya. Oleh karena itu pemasaran pariwisata akan menjadi konsep penting yang harus dipegang dan dilaksanakan dalam membina, mempertahankan serta memupuk pertumbuhan yang diharapkan dalam bidang pariwisata sebagai program utama pengembangan daerah wisata. Permasalahan pada penelitian ini adalah : apakah terdapat pengaruh bauran promosi, customer relationship management, dan kualitas layanan terhadap keputusan tamu menginap di BeSS Resort & Waterpark, Hotel and Convention Lawang-Malang . Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada tamu yang pernah menginap di BeSS Resort & Waterpark, Hotel and Convention Lawang-Malang. Dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Dalam menguji secara simultan dengan menggunakan uji F menunjukkan adanya pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat, terbukti dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dari data yang ada menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas yaitu bauran promosi (X1), customer relationship management (X2), dan kualitas layanan (X3) mampu menjelaskan variabel terikat yaitu keputusan tamu menginap (Y). Hasil pengujian secara parsial diketahui bahwa pada variabel bauran promosi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan tamu menginap dengan nilai signifikan 0,015 < 0,05. Secara parsial variabel customer relationship management (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan tamu menginap dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Secara parsial variabel kualitas layanan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan tamu menginap dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kata kunci : bauran promosi, customer relationship management, kualitas layanan, keputusan tamu menginap
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Rully Kusumandayu |
Uncontrolled Keywords: | bauran promosi, customer relationship management, kualitas layanan, keputusan tamu menginap |
Subjects: | Management Marketing Management > Marketing |
Divisions: | Faculty of Economic & Business > Magister of Management |
Depositing User: | Perpus Ubhara Surabaya |
Date Deposited: | 15 Apr 2021 05:15 |
Last Modified: | 15 Apr 2021 05:19 |
URI: | http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/705 |
Actions (login required)
View Item |