STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF HUMAS WISATA BAHARI LAMONGAN UNTUK MENARIK MINAT WISATAWAN MELALUI INSTAGRAM @WISATABAHARILAMONGAN

VAN MERDIE, CINDY AMANDA CLAUDIA (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF HUMAS WISATA BAHARI LAMONGAN UNTUK MENARIK MINAT WISATAWAN MELALUI INSTAGRAM @WISATABAHARILAMONGAN. Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Surabaya.

[img] Text
Skripsi - Widya Ayu (1813211069)_removed.pdf

Download (187kB)

Abstract

Komunikasi persuasif merupakan salah satu kajian komunikasi yang sering digunakan untuk mempengaruhi orang lain dalam berbagai hal terhadap apa yang akan ditawarkan. Penyebaran wabah Covid-19 memberikan dampak pada hampir seluruh sektor kehidupan di Indonesia. Salah satu sektor yang mengalami dampak paling drastis dari adanya pandemi ini selain sektor ekonomi dan kesehatan adalah industri pariwisata. Wisata Bahari Lamongan merupakan salah satu tempat wisata yang terkena dampak dari pandemi tersebut. Saat ini dari pihak Wisata Bahari Lamongan sedang gencar-gencarnya melakukan berbagai promosi guna menarik wisatawan agar berkunjung kesana. Untuk itu perlu disediakan media informasi wisata yang mudah diakses dan ditemukan di mesin pencari oleh para calon wisatawan. Salah satu media sosial yang dapat dimanfaatkan yakni Instagram. Hal tersebut sudah diterapkan oleh Humas Wisata Bahari Lamongan yang memiliki akun dengan nama @wisatabaharilamongan. Wisata Bahari Lamongan berfokus pada kegiatan komunikasi persuasif wisata secara online dengan memanfaatkan Instagram. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dimana teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Humas Wisata Bahari Lamongan dan akun instagram @wisatabaharilamongan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik ganjaran dan tataan. Strategi komunikasi persuasif yang diterapkan oleh humas Wisata Bahari Lamongan dalam menarik minat wisatawan melalui instagram @wisatabaharilamongan adalah dengan mengunggulkan beberapa fasilitas yang ada, memberikan adanya promo untuk tiket masuk, giveaway, serta special show pada musim-musim libur. Dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa terjadi feedback peningkatan penjualan sekitar 40%-50%, hal tersebut dapat menjadi acuan bahwa komunikasi persuasif yang dijalankan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wisuda 2022
Uncontrolled Keywords: strategi, komunikasi persuasif, Wisata Bahari Lamongan, minat wisatawan
Subjects: Social & Political Sciences
Social & Political Sciences
Social & Political Sciences
Social & Political Sciences
Social & Political Sciences
Divisions: Faculty of Social and Politics > Bachelor of Communicatios Studies
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:14
Last Modified: 30 Jan 2023 04:14
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/1690

Actions (login required)

View Item View Item