EVALUASI BUDAYA PELAYANAN 5S ( SENYUM , SALAM , SAPA , SOPAN SANTUN ) DALAM MENUNJANG MUTU LAYANAN PUBLIK DI DINAS PENANAMAN MODAL PTSP SURABAYA

Indrianingsih, Ratih and Irianto, Heru (2024) EVALUASI BUDAYA PELAYANAN 5S ( SENYUM , SALAM , SAPA , SOPAN SANTUN ) DALAM MENUNJANG MUTU LAYANAN PUBLIK DI DINAS PENANAMAN MODAL PTSP SURABAYA. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 4 (1). pp. 86-91. ISSN 2797-0469

[img] Text
Praja24_Pelayanan5S.pdf

Download (174kB)
Official URL: https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view...

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan melalui dokumentasi dan wawancara yang dilakukan secara langsung. Maka dari itu perlu Adaya evaluasibagi pelayanan agar kebijakan dapat berjalan lancar efektif dan efien sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Evaluasi dalam pelaksaan budaya pelayanan 5S berjalan sesuai SOP yang berlaku Di Dinas Penanaman Modal Surabaya, (2) Faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pelayanan perizinan di dinas penanaman modal Surabaya, (3) Budaya pelayanan 5S berperan penting dalam menunjang mutu pelayanan perizinan di Dinas Penanaman Modal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Evaluasi budaya 5S dalam menunjang mutu layanan publik Di Dinas Penanaman Modal PTSP Kota Surabaya sudah diterapkan dimensi Efektifitas, Kecukupan, Penerapan, Responsibilitas, Ketetapan beserta indikatornya. Faktor pendukung adalah dengan memiliki tenaga teknis untuk mendukung proses pelayanan perizinan, juga dengan semangat dari masing – masing pegawai yang sama- sama saling support agar dapat memberikan pelayanan yang prima. faktor penghambat adalah ketika server bermasalah, pembaruan server system online mengalami eror, terkadang pengguna layanan masih bingung dan kurang jelas dengan persyaratannya. tentang mutu layanan publik yaitu apenampilan berpengaruh dalam suatu pelayanan, respon yang baik yang maksimal diberikan untuk pemohon.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Budaya, Pelayanan, PTSP
Divisions: Faculty of Social and Politics > Bachelor of Public Administrations
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:50
Last Modified: 16 Jan 2024 04:50
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/2258

Actions (login required)

View Item View Item