AZIZ, MUHAMMAD HILMY and Puspitasari, Puspitasari and Noor, Annisya Aprilia (2023) PENGUATAN LITERASI DIGITAL MENUJU SOCIETY 5.0 PADA IBU RUMAH TANGGA. Prosiding Seminar Nasional &Call for Paper "Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2024", 9 (1). pp. 18-29. ISSN 2355-261
Text
Proseding23_Penguat Literasi.pdf Download (982kB) |
Abstract
Era keterbukaan informasi memungkinkan seseorang untuk saling terhubung satu dengan yang lainnya dengan meniadakan batasan berupa ruang dan waktu. Seseorang terhubung dengan pihak lain yang cenderung mengalami kemudahan menciptakan berbagai terbosan baru, baik dalam hal sosial, budaya, bahkan sampai dengan ranah komunikasi. Penelitian ini memiliki suatu tujuan yang berfokus pada bagaimana strategi yang menjadi perwujudan penguatan literasi digital. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara mendalam tentang literasi digital guna mengeskalasi pengetahuan ibu rumah tangga yang selama ini terbentuk suatu stigma negatif terkait perkembangan teknologi informasi yang berguna pada kehidupan Society 5.0 di Indonesia. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memberikan kedalaman pembahasan yakni dengan menggunakan data sekunder. Hasil dari penelitian ini Pertama secara parsial, strategi yang menjadi perwujudan penguatan literasi digital pada ibu rumah tangga dapat dilakukan atas 4 strategi penguatan kompetensi, kepemimpinan, penguatan bahasa asing, penguatan IT, serta penguatan keterampilan penulisan. Kedua secara holistik, strategi yang menjadi perwujudan penguatan literasi digital pada ibu rumah tangga menitik beratkan pada keberlanjutan adanya pendidikan luar sekolah sebagai pengejawantahan implementasi indikator penguatan literasi digital masyarakat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Literacy, Housewives, Society 5.0 |
Depositing User: | Perpus Ubhara Surabaya |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 04:29 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 04:30 |
URI: | http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/2782 |
Actions (login required)
View Item |