EDUCATIONAL DATA MINING UNTUK PEMETAAN KEMAMPUAN SISWA BERDASARKAN LOKASI SEKOLAH METODE K-MEANS Studi Kasus : SMK YPM SIDOARJO

FIRDAUS, ACHMAD ADAM (2021) EDUCATIONAL DATA MINING UNTUK PEMETAAN KEMAMPUAN SISWA BERDASARKAN LOKASI SEKOLAH METODE K-MEANS Studi Kasus : SMK YPM SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Surabaya.

[img] Text
14043103_makalah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tingginya tingkat keberhasilan siswa dan rendahnya tingkat kegagalan siswa merupakan cerminan kualitas dalam dunia pendidikan. Dunia pendidikan saat ini dituntut untuk memiliki kemampuan bersaing dengan memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki. Selain sumber daya sarana, prasarana dan manusia, sistem informasi merupakan salah satu sumber daya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bersaing. Kemampuan teknologi informasi untuk mengumpulkan dan menyimpan berbagai tipe data jauh meninggalkan kemampuan untuk menganalisis, meringkas dan mengekstrak pengetahuan dari data. Metode tradisional untuk menganalisis data yang ada, tidak dapat menangani data dalam jumlah besar. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu aplikasi untuk mendapatkan informasi yang berguna tentang pemetaan nilai mata pelajaran khususnya Matematika di SMK YPM di Sidoarjo dengan teknik data mining dengan metode K-Means. Dari hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa masih kurangnya Nilai UN Mata Pelajaran Matematika pada sebagian besar Sekolah SMK YPM di Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wisuda 2023
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, Sistem Pelayanan Publik
Subjects: 624 Civil Engineering > 624.3 Specific Types of Bridges
Divisions: Faculty of Engineering > Bachelor of Informations Technology
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 08 Jan 2025 05:57
Last Modified: 08 Jan 2025 05:58
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/2839

Actions (login required)

View Item View Item