MARLINDRA, MARLINDRA (2024) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, SIZE, SALES GROWTH, DAN LEVERAGE TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK PADA PERUSHAAN SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2019-2023. Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Surabaya.
![]() |
Text
Skripsi 2024 - Marlindra fiks.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan karakteristik perusahaan terhadap agresivitas pajak pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2019-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SPSS 25. Populasi dalam penelitian ini adalah 71 perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI selama periode 2019-2023. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel berdasarkan kriteria tertentu, menghasilkan sampel akhir sebanyak 26 perusahaan. Kriteria tersebut meliputi perusahaan yang melakukan IPO selama periode penelitian, tidak mengalami suspend oleh IDX, tidak mengalami kerugian, dan tidak melakukan kompensasi kerugian selama periode 2019-2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR berpengaruh negatif dan signifikan terhadap agresivitas pajak (ETR) pada sektor makanan dan minuman selama periode 2019-2023. Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap agresivitas pajak (ETR). Sales Growth berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap agresivitas pajak (ETR). Leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap agresivitas pajak (ETR) pada periode yang sama. Temuan ini mengindikasikan bahwa perusahaan dengan program CSR yang baik cenderung memiliki tingkat agresivitas pajak yang lebih rendah, sementara ukuran perusahaan dan leverage yang lebih tinggi berhubungan dengan peningkatan agresivitas pajak. Pertumbuhan penjualan tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Wisuda 2024 |
Uncontrolled Keywords: | Agresivitas Pajak, Corporate Social Responsibility, Ukuran perusahaan, Sales Growth, Leverage |
Subjects: | Accounting Accounting |
Divisions: | Faculty of Economic & Business > Bachelor of Accountancy |
Depositing User: | Perpus Ubhara Surabaya |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 04:35 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 04:35 |
URI: | http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/2983 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |