Rapitasari, Diana and Amirullah, Amirullah (2019) PENINGKATAN MANAJEMEN MUTU DAN PEMASARAN PRODUK UMKM JILBAB DAN BAJU MUSLIM. In: Prosiding Seminar Nasional Abdimas Tahun 2019 Pemberdayaan Masyarakat yang Berkelanjutan Menyongsong Revolusi Industri 4.0. LPPM Universitas Surabaya, pp. 127-138. ISBN 978-602-52150-2-5
Text
Manajemen Mutu_Proseding Semnas Jilbab.pdf Download (4MB) |
|
Text
Review Prosiding Jilbab .pdf Download (408kB) |
|
Text
PENINGKATAN_MANAJEMEN_MUTU_DAN_PEMASARAN_PRODUK_UM.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah meningkatkan manajemen mutu dan pemasaran UMKM jilbab dan baju muslim. Kegiatan menggandeng mitra UMKM CV Kamilindo bergerak dalam bidang usaha produksi dan pemasaran konveksi jilbab dan baju muslim “Rira Clothing” dan beralamat di Kelurahan Rungkut Menanggal Kota Surabaya.Permasalahan aspek produksi adalah pembeli dan pesanan produk semakin meningkat. Kondisi ini berdampak pada kebutuhan penjahit semakin meningkat sedangkan merekrut penjahit baru membutuhkan anggaran besar. Dibutuhkan mitra penjahit ekternal ketika pesanan meningkat menjelang lebaran. Permasalahan aspek manajemen adalah (1) Proses bisnis dan Standar Operasi Prosedur (SOP) usaha belum didokumentasikan dan dilaksanakan secara baik, (2) Kendala skema pemodalan pengembangan usaha bersumber dana luar berkonsep bagi hasil (tanpa riba) sesuai dengan produk UMKM. Masalah pada aspek manajemen berdampak: (1) Kendala proses informasi rekanan /konsumen misalnya kebutuhan stok bahan dan posisi produk yang sudah dipesan khususnya pemesanan skala besar, (2) Kendala pengembangan usaha panawaran modal dari perbankan /lembaga berbasis syariah relatif terbatas, Permasalahan aspek pemasaran adalah mitra tidak memiliki ruang promosi sehingga update produk terbaru tidak bisa dipamerkan. Promosi sementara hanya dilakukan via website. Dampaknya calon pemesan tidak bisa melihat update produk terbaru Mitra secara langsung. Untuk mengatasi permasalahan diatas PKM melaksanakan program meliputi: (1) Pelatihan, praktek, dan pendampingan materi manajemen proses bisnis dan ISO 9001: 2015 tentang standar manajemen mutu, (2) Pelatihan, praktek, dan pendampingan manajemen usaha berbasis syariah untuk akses pemodalan pengembangan usaha, (3) Desain dan layout ruang display produk baru, ruang produksi bagi para penjahit, ruang penyimpanan bahan baku, dan ruang penyimpanan produk jadi supaya lebih efisien. Hasil kegiatan adalah: (1) Dokumen proses bisnis dan manajemen mutu usaha berbasis ISO 9001: 2015, (2) Dokumen manajemen usaha berbasis syariah dan mampu mendapat modal pengembangan usaha, dan (3) Desain dan layout ruang display untuk produk baru, ruang produksi para penjahit, ruang penyimpanan bahan baku, dan ruang penyimpanan produk.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Additional Information: | LPPM Universitas Surabaya telah menyelenggarakan Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2019 pada tanggal 14-15 Agustus 2019 di Universitas Surabaya dan kunjungan ke beberapa tempat di Kabupaten Mojokerto. Artikel peserta dimuat dalam Prosiding Seminar Nasional Abdimas Tahun 2019 dan dapat diakses melalui link berikut. Download Prosiding Seminar Nasional Abdimas Tahun 2019 (versi lengkap) |
Uncontrolled Keywords: | UMKM, MANAJEMEN MUTU |
Subjects: | Technology |
Divisions: | Faculty of Economic & Business |
Depositing User: | Perpus Ubhara Surabaya |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 04:18 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 03:58 |
URI: | http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/890 |
Actions (login required)
View Item |