STRATEGI PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) BERBASIS EKONOMI KREATIF UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT

SARI, NOVITA (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) BERBASIS EKONOMI KREATIF UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT. Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Surabaya.

[img] Text
NOFITA SARI JURNAL.docx

Download (64kB)

Abstract

Badan Usaha Milik Desa adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan kesejahteraan masyarakat Desa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menguji bagaimana strategi pengembangan BUMDes “Sumber Sejahtera” untuk meningkatkan pendapatan masyarakat melalui ekonomi kreatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (a) Strategi Pengembangan BUMDes “Sumber Sejahtera” Berbasis Ekonomi Kreatif sudah sangat baik. Dengan menggunakan strategi tingkat bisnis yaitu alternative yang dipilih oleh BUMDes “Sumbr Sejahtera” pada saat berbisnis dalam pasar wisata dengan adanya Desa Wisata Pujon Kidul, (b) Strategi Pengembangan BUMDes “Sumber Sejahtera” untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dapat dilihat dari pemanfaatan sumber daya alam yang kemudian dikembangkan menjadi Desa Wisata Pujon Kidul sehingga dapat menjadi lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wisuda 2021
Uncontrolled Keywords: BUMDes, Ekonomi Kreatif, Pendapatan Masyarakat
Subjects: Marketing
Management > Marketing
Divisions: Faculty of Economic & Business
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 30 Aug 2022 03:11
Last Modified: 30 Aug 2022 03:11
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/1348

Actions (login required)

View Item View Item