PERENCANAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) RUAS JALAN JUWETKENONGO – KREMBUNG KABUPATEN SIDOARJO PADA STA 1+383 SAMPAI DENGAN STA 8+390”

DARIYANTO, DARIYANTO (2022) PERENCANAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) RUAS JALAN JUWETKENONGO – KREMBUNG KABUPATEN SIDOARJO PADA STA 1+383 SAMPAI DENGAN STA 8+390”. Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Surabaya.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ruas jalan Juwetkenongo – Krembung merupakan jalan yang menghubungkan Kec. Porong dan Kec. Krembung, ruas jalan ini juga untuk akses menuju jalan Arteri Porong. Jalan ini berada di Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur yang terdiri dari 2 jalur 2 arah. Untuk data eksisting jalan ini menggunakan jenis perkerasan lentur dengan lebar jalan 6,5 meter dan panjang jalan 8,390 kilo meter. Dalam tugas akhir ini akan merencanakan pada STA 1+383 sampai dengan STA 8+390 atau total panjang ruas jalan 7,000 kilo meter dengan lebar jalan 8 meter. Jenis perkerasan rencana menggunakan perkerasan kaku (Rigid Pavement) dan umur rencana 40 tahun metode yang digunakan berdasarkan Direktorat Jenderal Bina Marga Manual Desain Perkerasan Jalan 2017. Selain perencanaan tebal perkerasan juga direncanakan geometrik jalan dan perlengkapan jalan meliputi saluran, marka jalan dan rambu-rambu lalu lintas. Dalam perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) data yang dibutuhkan antara lain; Data nilai CBR, data lalu lintas harian rata – rata di ruas Jalan Juwetkenongo – Krembung dan data curah hujan yang diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo. Selanjutnya data – data tersebut dimasukan dalam perhitungan penentuan struktur Perkerasan Kaku (Rigid Pavement). Hasil perencanaan ini berupa desain gambar, perhitungan struktur Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) dan geometrik jalan serta perlengkapan jalan meliputi saluran, marka jalan dan rambu-rambu lalu lintas. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah perencanaan perkerasan kaku (Rigid Pavement) dengan umur rencana 40 tahun menggunakan jenis perkerasan beton semen bersambung dengan tulangan. Struktur perkerasan beton direncanakan dengan tebal 28 cm dan dimensi tulangan yang diperlukan adalah besi 8 mm dengan jarak 175 mm dengan menggunakan metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017. Sambungan susut (Dowel) yang diperlukan adalah besi diameter 32 mm dengan panjang 45 cm dengan jarak 30 cm serta sambungan memanjang (Tie Bar) besi diameter 16 dengan panjang 70 cm dengan jarak 60 cm. Dimensi saluran drainase yang diperlukan adalah saluran drainase berbentuk persegi tertutup (u-ditch) dengan ukuran lebar 80 cm tinggi 80 cm, dengan tutup saluran mampu menahan beban gandar 20 ton.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wisuda 2022
Uncontrolled Keywords: Desain Gambar, Manual Desain Perkerasan Jalan, Perkerasan Kaku.
Subjects: 624 Civil Engineering > 625.7 Road Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Bachelor of Civil Engineering
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 17 Dec 2024 06:22
Last Modified: 19 Dec 2024 04:01
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/2830

Actions (login required)

View Item View Item