Trijati, Rezki Indah (2018) ANALISIS MARKETING RELATIONSHIP, SERVICE QUALITY, PRICE YANG MEMPENGARUHI SATISFACTION DAN CUSTOMER RETENTION. Management Science Journal, vol. 9 (no.7). pp. 45-58. ISSN 2085-3467
|
Image
cover.jpg Download (2MB) | Preview |
|
Text
JURNAL Rizki Indah.pdf Download (548kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis: (1) pengaruh relationship marketing, service quality dan price terhadap customer satisfaction; (2) pengaruh relationship marketing, service quality dan price terhadap customer retention; dan (3) pengaruh customer satisfaction terhadap customer retention. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 75 sampel yaitu 75 pelanggan yang menggunakan jasa perjalanan pada bulan Desember 2017 – Maret 2018. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling insidental. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan software SPSS versi 22. Kesimpulan penelitian ini: (1) relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction; (2) service quality berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction; (3) price berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction; (4) relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap customer retention; (5) service quality berpengaruh tidak signifikan terhadap customer retention; (6) price berpengaruh signifikan terhadap customer retention; (7) customer satisfaction berpengaruh signifikan terhadap customer retention; (8) price merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap customer retention pada PT. Niki Tours dan Travel di Surabaya. Kata Kunci: relationship marketing, service quality, price, customer satisfaction, customer retention.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | relationship marketing, service quality, price, customer satisfaction, customer retention. |
Subjects: | Management Marketing Management > Marketing |
Divisions: | Faculty of Economic & Business > Magister of Management |
Depositing User: | Perpus Ubhara Surabaya |
Date Deposited: | 20 Apr 2021 03:24 |
Last Modified: | 20 Apr 2021 03:33 |
URI: | http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/709 |
Actions (login required)
View Item |