ANALISIS MARKETING RELATIONSHIP, SERVICE QUALITY, PRICE YANG MEMPENGARUHI SATISFACTION DAN CUSTOMER RETENTION

Trijati, Rezki Indah (2018) ANALISIS MARKETING RELATIONSHIP, SERVICE QUALITY, PRICE YANG MEMPENGARUHI SATISFACTION DAN CUSTOMER RETENTION. Management Science Journal, vol. 9 (no.7). pp. 45-58. ISSN 2085-3467

[img]
Preview
Image
cover.jpg

Download (2MB) | Preview
[img] Text
JURNAL Rizki Indah.pdf

Download (548kB)
Official URL: http://www.ubhara.ac.id/pascasarjana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis: (1) pengaruh relationship marketing, service quality dan price terhadap customer satisfaction; (2) pengaruh relationship marketing, service quality dan price terhadap customer retention; dan (3) pengaruh customer satisfaction terhadap customer retention. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 75 sampel yaitu 75 pelanggan yang menggunakan jasa perjalanan pada bulan Desember 2017 – Maret 2018. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling insidental. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan software SPSS versi 22. Kesimpulan penelitian ini: (1) relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction; (2) service quality berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction; (3) price berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction; (4) relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap customer retention; (5) service quality berpengaruh tidak signifikan terhadap customer retention; (6) price berpengaruh signifikan terhadap customer retention; (7) customer satisfaction berpengaruh signifikan terhadap customer retention; (8) price merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap customer retention pada PT. Niki Tours dan Travel di Surabaya. Kata Kunci: relationship marketing, service quality, price, customer satisfaction, customer retention.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: relationship marketing, service quality, price, customer satisfaction, customer retention.
Subjects: Management
Marketing
Management > Marketing
Divisions: Faculty of Economic & Business > Magister of Management
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 20 Apr 2021 03:24
Last Modified: 20 Apr 2021 03:33
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/709

Actions (login required)

View Item View Item