PRASETIYO, RAGIL (2020) RANCANG BANGUN WEB APLIKASI PERGI BARENG SEBAGAI MEDIA PERENCANAAN PERJALANAN DAN KOMUNIKASI MENGGUNAKAN METODE AGILE BERBASIS CLOUD COMPUTING. Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara.
Text
abstrak_eng_1514321016.pdf Download (31kB) |
|
Text
abstrak_id_1514321016.pdf Download (32kB) |
|
Text
bab_1_1514321016.pdf Download (135kB) |
|
Text
bab_2_1514321016.pdf Download (185kB) |
|
Text
bab_3_1514321016.pdf Download (226kB) |
|
Text
bab_4_1514321016.pdf Download (631kB) |
|
Text
bab_5_1514321016.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab_6_1514321016.pdf Download (634kB) |
|
Text
bab_7_1514321016.pdf Download (32kB) |
|
Text
cover_depan_1514321016.pdf Download (220kB) |
|
Text
daftar_pustaka_1514321016.pdf Download (85kB) |
|
Text
lembar_pengesahan_1514321016.pdf Download (164kB) |
Abstract
Pergi Bareng adalah sistem aplikasi yang dikembangkan untuk mewadahi suatu bentuk perencanaan perjalanan dan komunikasi yang dilakukan oleh pegiat perjalanaan, agar suatu rencana perjalanan dapat dilakukan secara berbarengan atau bersama-sama. Sistem aplikasi pergi bareng memiliki kebutuhan yang begitu cepat untuk memenuhi kebutuhan pengembangan sistem. Maka model pengembangan yang paling cocok untuk dilakukan pengembangan sistem yang bersifat agile. Dari beberapa model metode agile yang ada, dipilihlah salah satu model yaitu metode agile dengan pendektan model Extreme Programming (XP). Proses deployment yang paling cepat sesuai dengan kebutuhan pengembangan sistem, digunakan cloud computing platforms sebagai media deployment. Pengembangan sistem dilakukan dalam beberapa tahapan pengembangan yaitu tahap perencanaan (Planning), perancangan (Design), pengembangan (Coding), dan pengujian (Testing) yang dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip metode agile. Hasil dari pengujian alpha menjelaskan bahwa secara kesuluruhan sistem yang dibangun telah berhasil atau diterima, karena secara fungsional sistem dapat berjalan seperti yang diharapkan. Dari hasil pengujian beta dari variabel efficiency sebesar 88%, variabel effectivenees sebesar 83%, dan variabel satisfaction sebesar 87%. Berdasarkan pengujian 3 indikator tersebut, diperoleh nilai usability sistem sebesar 85%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rancang bangun sistem aplikasi pergi bareng menggunakan metode agile dengan pendekatan Extreme Programming layak digunakan untuk pegiat perjalanan wisata. Dibutuhkan pengembangan sistem lebih lanjut agar sistem dapat berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode agile, extreme programming, rancang bangun web aplikasi, pergi bareng |
Subjects: | Technology Technology > Informations and Technology |
Divisions: | Faculty of Engineering > Bachelor of Informations Technology |
Depositing User: | Perpus Ubhara Surabaya |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 04:06 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 04:06 |
URI: | http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/911 |
Actions (login required)
View Item |