Framing Media atas Pemberitaan Anas Urbaningrum dan Politik Para Sengkuni

Fadeli, Muhammad (2013) Framing Media atas Pemberitaan Anas Urbaningrum dan Politik Para Sengkuni. KOMUNIKATIF : Jurnal Ilmiah Komunikasi, 2 (2). pp. 125-136. ISSN 2301-6558 (printed), ISSN 2597-6699 (online)

[img] Text
Komunikatif2013_Farming Media(36).pdf

Download (667kB)
[img] Text
Plagasi_framing media_komunikatif_2013pdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
turn_digital_marketing_unmer_2022.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Turn_komunikasi_partisipatoris_2016.pdf

Download (3MB)
[img] Text
TURN_UPAYA_MARCOMM_HOTEL_GUNAWANGSA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TURN_PARTICIPATORY_COMMUNICATION.pdf

Download (678kB)
[img] Text
Turn_peranan_peer_group.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Turn_personal_branding.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Turn_Semiotika_Kampanye.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Turn_Analisis_Teori_Actors.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bhirawa 2021.pdf

Download (934kB)
[img]
Preview
Image
Duta 2021.jpg

Download (165kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.wima.ac.id/index.php/KOMUNIKATIF/art...

Abstract

Penyebaran berita melalui media massa merupakan proses awal dari pembentukan pendapat umum. Ketepatan dalam penyampaian berita dan informasi akan membentuk "konsensus" khalayak. Selanjutnya bagaimana peran media massa dalam penyampaian pemberitaan yang berkaitan dengan adanya kasus Anas Urbaningrum sehingga media massa memiliki andil dalam membentuk persepsi masyarakat terhadap pemberitaan tersebut. Oleh karena itu dapat kita simpulkan bahwa media massa berperan penting dalam ha1 membentuk opini. Media massa mempunyai peran membentuk pengertian khalayak. Berkaitan dengan isi berita tersebut penulis mencoba melihat bagaimana media membingkai (framing) dalam memberitakan kasus "Anas Urbaningrum dan politik para sengkuni". Penulis meneliti pemberitaan pada halaman pertama surat kabar Jawa Pos dan Kompas. Pandangan ini didasarkan pada anggapan bahwa pada umumnya ketika akan membaca atau membeli sebuah surat kabar, yang pertama dilihat adalah headline atau bagian halaman depan. Pada penelitian ini. Metode analisa data yang digunakan penulis adalah konsep framing Pan dan Kosicki. Pan dan Kosicki membagi perangkat framing menjadi empaf struktur besar. Yaitu, sintaksis (cara wartawan menyusun fakta), struktur skrip (cara wartawan mengisahkan fakta), struktur tematik (cara wartawan menulis fakta), dan struktur retoris (cara wartawan menekankan fakta).

Item Type: Article
Additional Information: KOMUNIKATIF : Jurnal Ilmiah Komunikasi masuk sinta 3 ISSN: 32301-6558 (printed), ISSN 2597-6699 (online)
Uncontrolled Keywords: Pembingkaian Media, Persepsi Publik
Divisions: Faculty of Social and Politics > Bachelor of Communicatios Studies
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 29 Nov 2022 03:23
Last Modified: 10 Jan 2023 05:55
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/1554

Actions (login required)

View Item View Item