INNOVATIVE GOVERMENT PADA PDAM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA

Kusumawati, Lintang (2023) INNOVATIVE GOVERMENT PADA PDAM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA. Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Surabaya.

[img] Text
skripsi_new_revisi_8[1].docx

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan PDAM Kota Surabaya masih dinilai belum maksimal dan menyebabkan banyaknya keluhan masyarakat, untuk mengubah kondisi tersebut maka dibutuhkan sebuah inovasi pelayanan dari pemerintah. Inovasi yang diberikan harus sesuai dengan kondisi dan keluhan pelanggan. PDAM yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah, sehingga sangat erat kaitannya dengan pemerintah daerah tentu melakukan inovasi government sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk implementasi innovative government di PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah masyarakat kota Surabaya yang menjadi pengguna layanan PDAM surya Sembada Surabaya dan juga pegawai PDAM Surya Sembada Surabaya. Objek penelitian ini adalah kualitas pelayanan. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi yang dianalisa secara deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu PDAM Surya Sembada Kota Surabaya telah melakukan Innovative government yang terdiri atas digitalisasi pelayanan dan juga sistem kerja. PDAM Surabaya menggunakan aplikasi CIS (Customer Information system) untuk memudahkan pelanggan melakukan pelaporan, pembayaran dan juga pendaftaran instalasi baru. Innovative government PDAM Surabaya telah memenuhi delapan indikator yaitu peningkatan efisiensi, perbaikan efektifitas, perbaikan kualitas pelayanan, tidak ada konflik penelitian, brorientasi kepentingan umum, dilakukan secara terbuka, memenuhi nilai keputusan, dan dipertanggungjawabkan hasilnya. SDM PDAM Surabaya sangat kompeten namun masih mengalami kendala dalam membangun komunikasi dengan masyarakat, sarana dan prasarana PDAM Surabaya telah memenuhi standart namun membutuhkan adanya penambahan armada transportasi. Teknologi informasi dari PDAM Surabaya sudah maksimal dengan adanya digitalisasi pelayanan dan kerja namun masih terkendala dengan pengajuan perizinan pada pemerintah daerah yang harus dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wisuda 2023
Uncontrolled Keywords: innovative, government, PDAM, Pelayanan, Digitalisasi.
Subjects: HP Public Administrations
Divisions: Faculty of Social and Politics > Bachelor of Public Administrations
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 18 Jul 2024 06:05
Last Modified: 18 Jul 2024 06:05
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/2602

Actions (login required)

View Item View Item