EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM ANTAR KOTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi Kasus: PO. Bus Trayek Surabaya-Tulungangung)

Novitasari, Kiki Dea (2022) EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM ANTAR KOTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi Kasus: PO. Bus Trayek Surabaya-Tulungangung). Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Surabaya.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (188kB)
[img] Text
2. Cover Dalam.pdf

Download (154kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] Text
18. Daftar Pustaka.pdf

Download (85kB)
[img] Text
18. Daftar Pustaka.pdf

Download (85kB)

Abstract

Bus adalah Angkutan umum antar kota dengan trayek Surabaya-Tulungagung dalam peraturan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2017 pasal 10 bahwa untuk angkutan umum dilakukan evaluasi dalam setiap 5 tahun sekali. Dan dalam peraturan Undang-Undang Nomor 46 Tahun 2019 tentang standart pelayanan angkutan umum meliputi keamanan, keselamatan, keterjangkauan dan kesetaraan. Dalam penelitian ini dilakukan evaluasi terhadap bus dengan trayek Surabaya-Tuluangagung bertujuan untuk mendapatkan standart pelayanan minimum yang diinginkan oleh konsumen atau pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quality Function Deployment (QFD) yaitu merupakan metode untuk membantu perusahaan dalam proses pelayanan dengan menerjemahkan keinginan konsumen kedalam teknis yang dimiliki perusahaan, sedangkan pengumpulan data meggunakan kuisioner dengan jumlah 70 responden dan untuk validitas data menggunakan bantuan Sofwer SPSS 24 for widows. Dari hasil validitas signifikasi yaitu 0,05 dengan nilai n= 70 dan r tabelnya adalah 0,235. Berdasarkan metode Quality Function Deployment (QFD) didapatkan hasil nilai rata-rata untuk Overall Importance adalah 0,94 untuk kepentingan Absolut didapat hasil nilai rata-rata 12,85 dan untuk nilai hasil rata-rata Servqual Score adalah -0.2. Kesimpulan yang didapat dari evaluasi ini adalah bahwa tiap atribut kualitas pelayanan yang dimiliki bus yang diteliti ini masih belum terpenuhi oleh harapan masyarakat yaitu pada atribut pelayanan adanya rak bagasi didalam bus, atribut tersedianya peralatan hiburan seperti televisi dan (sound system) dan atribut pemberian penanganan dan keluhan yang diberikan oleh perusahan terhadap konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wisuda 2021
Uncontrolled Keywords: Bus, Evaluasi, Quality Function Deployment (QFD)
Subjects: 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Bachelor of Civil Engineering
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 21 Dec 2022 02:59
Last Modified: 21 Dec 2022 02:59
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/1584

Actions (login required)

View Item View Item