PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Surabaya)

ERIKA, ANIS (2020) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (243kB)
[img] Text
2. Halaman Judul-Daftar Gambar.pdf

Download (422kB)
[img] Text
3. Pembatas bab 1, 2, 3.pdf

Download (10kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (165kB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (246kB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (363kB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (805kB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (19kB)
[img] Text
9. Daftar pustaka.pdf

Download (15kB)
[img] Text
10. Lampiran kuesioner.pdf

Download (186kB)
[img] Text
11. lampiran data spss.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12. Lampiran surat pernyataan keaslian penelitian.pdf

Download (111kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan apakah terdapat pengaruh secara simultan dan parsial anatara variabel kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Universitas Bhayangkara Surabaya. Metode penelitian yang digunakanadalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder berupa kuesioner penelitian yang ada di Universitas Bhayangkara Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Bhayangkara Surabaya sebesar 4.331 orang. Sampel yang diambil sebesar 98 sebagai responden. Penelitian ini menggunakan alat uji regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji F, Uji t dan penentuan variabel dominan. Variabel independen dalam penelitian ini terdiri dari kecerdasan intelektual (X1), kecerdasan emosional (X2) dan kecerdasan spiritual (X3). Sedangkan untuk variabel dependen adalah prestasi belajar (Y). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan fhitung sebesar 314,317 lebih besar dari ftabel yaitu 2,70 dannilai Sig. sebesar 0,000 yang berarti di bawah 0,05 (alpha 5%).Secara parsial variabel Kecerdasan Intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar dengan nilai thitung sebesar 5,800 lebih besar dari ttabel yaitu 1,66105 dannilai Sig. sebesar 0,000 yang berarti di bawah 0,05 (alpha 5%).Untuk variabel Kecerdasan Emosional secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajardengan nilai thitung sebesar 7,434 lebih besar dari ttabel yaitu 1,66105 dan nilai Sig. sebesar 0,000 yang berarti di bawah 0,05 (alpha 5%). Untuk variabel Kecerdasan Spiritual secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajardengan nilai thitung sebesar 4,433 lebih besar dari ttabel yaitu 1, 66105 dan nilai Sig. sebesar 0,000 yang berarti di bawah 0,05 (alpha 5%). Secara dominan variabel yang mencapai nilai dominan adalah variabel Kecerdasan Emosional dengan koefisien beta sebesar 0,483 atau 48,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan prestasi belajar.
Subjects: Management
Public Relation
Management > Public Relation
Divisions: Faculty of Economic & Business > Bachelor of Management & Business
Depositing User: Perpus Ubhara Surabaya
Date Deposited: 14 Jun 2021 06:28
Last Modified: 16 Jun 2021 04:16
URI: http://eprints.ubhara.ac.id/id/eprint/772

Actions (login required)

View Item View Item